Tuesday, June 5, 2018

GURU INSPIRATIF

INSPIRATIF berasal dari kata inspirasi yang dalam kamus Besar Bahasa Indoneia berarti ilham. Inspirasi adalah segala sesuatu yang dapat mendorong dan merangsang pikiran untuk memunculkan ide/gagasan maupun melakukan tindakan setelah melihat atau mempelajari sesuatu yang ada di sekitar. Inspirasi juga bisa dimaknai dengan gagasan-gagasan kreatif yang muncul dari dalam diri setelah ada rangsangan dari luar. Inspiratif berarti sesuatu yang bisa memberikan ilham atau mengilhami, yaitu sesuatu atau seseorang yang dapat memberikan pengaruh berupa semangat, tingkah laku atau tindakan dan kekuatan untuk melakukan atau berbuat sesuatu.

Oleh karena itu, guru harus bisa menjadi “perangsang” bagi siswanya, memberikan inspirasi agar anak senantiasa dapat terdorong untuk  memunculkan ide, gagasan, pemikiran, tindakan, nilai, hingga kretifitas yang positif. Guru yang berkinerja dan berkarakter baik juga dapat memberikan inspirasi bagi rekan-rekan guru lainnya. Jadi guru inspiratif akan memberikan inspirasi kepada siswanya dan kepada rekan guru lainnya.
Di era digital, siswa dapat belajar dari berbagai media dan berbagai sumber digital dan sumber online. Apakah berarti mereka tidak membutuhkan kehadiran seorang guru?  jawabnya adalah “kehadiran guru tetap sangat dibutuhkan”. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah bahwa guru hadir di depan siswanya bukan hanya sekedar mengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran. Karena sekali lagi jika hanya menyampaikan materi saja, maka pekerjaan itu sudah bisa tergantikan oleh media pembelajaran yang berkembang di era digital sekarang ini.
“The mediocre teacher tells.
The good teacher explains.
The superior teacher demonstrates.
The great teacher inspires.”
(William Arthur Ward)

Guru yang “rata-rata” bisa bercerita. Guru yang “baik” bisa menjabarkan materi dengan baik. Guru yang “superior” dapat mendemonstrasikan materi dengan baik. Dan guru yang “luar biasa hebat” dapat menginspirasi murid-muridnya sehingga mereka terus berkembang dengan sendirinya.
Apakah Anda sudah termasuk great teacher?
Guru inspiratif tidak hanya mentransfer ilmu-ilmu teori dan praktek saja kepada siswa. Melainkan guru juga harus bisa menjadi sumber inspirasi bagi siswa agar mereka terus berkembang menuju hal yang positif.
“To know how to suggest
 is the great art of teaching”
(Henri Frederic Amiel)
Seni mengajar yang hebat adalah mengetahui bagaimana cara memberikan saran inspiratif kepada siswanya.
Di Blog ini akan disajikan catatan pengamatan kegiatan dan aktifitas guru inspiratif dalam kacamata seorang Pengawas Sekolah yang ditemukan selama melaksanakan tugas pokok dan fungsinya membina guru. Mudah-mudahan catatan ini dapat memberikan inspirasi kepada guru-guru lainnya.

0 komentar:

Post a Comment

VIDEO PEMBAHASAN SOAL

About Me

My photo
Pengawas SMP Kabupaten Pandeglang dengan tugas membina profesional guru dan kepala sekolah

Total Tayangan Halaman

Followers

Popular Posts